Header Ads

REAL PREMAN KALEM


Istilah Preman Kalem saat ini telah menjadi tranding topic bagi kawula muda yang mengaku dirinya mempunyai jiwa petualang. Istilah ini pertama kali muncul sekitar tahun 2015, seiring dengan hitsnya akun bernama @premankalem di sosial media Instagram. Saat ini, akun tersebut sudah difollow lebih dari 280 ribu pengguna instagram dengan lebih dari 3000 kali postingan.

Sebenarnya, @premankalem lebih banyak memposting foto dengan kata-kata yang sedikit berbau “kontroversi”. Contohnya seperti “Niat hati ingin memeluk gunung, tapi apadaya belum muhrim”.  Namun karena kata-katanya yang enak dibaca (nyambung dengan kehidupan sehari-hari muda mudi saat ini) serta background foto yang menarik, membuat akun ini kian hari kian bertambah followersnya.

Kata “petualang” yang dimaksud di awal kalimat di atas merujuk pada seringnya @premankalem memposting tentang kisah para laki-laki yang gusar akan keindahan sosok wanita. Petualang wanita lebih pantas disematkan pada akun ini. Karena memang akun ini banyak mengeksplor tentang kehidupan percintaan. Dapat juga diartikan sebagai akunnya cowok-cowok galau alias susah move on.

Namun bagi sebagian laki-laki yang mengaku dirinya berdaulat (lahir maupun batin), preman kalem diartikan sebagai kehidupan petualang sejati. Di luar konteks wanita (karena memang dirinya sudah berdaulat), seorang preman atau PK akan lebih banyak mengisi waktu luangnya dengan bekerja, berpetualang (jalan-jalan), serta kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Meskipun stigma “preman” di tataran masyarakat Indonesia sampai saat ini terbilang kurang baik, nyatanya seorang PK sejati adalah seorang pekerja keras serta mau berbuat lebih terhadap segala hal. Kata “kalem” menguatkan definisi baik dari PK. Karena apabila digabungkan, PK preman seperti yang tergambarkan dalam film yang pekerjaannya memalak dan merampok.

Untuk seorang PK, urusan cinta atau asmara bukanlah hal utama. Para PK dalam menjalani kehidupannya banyak disibukkan dengan pekerjaannya. Urusan keluarga juga tak disampingkan oleh PK. Karena memang pada dasarnya seorang PK adalah seseorang yang nakal, namun tidak brutal. Ia masih tetap mengedapankan urusan keluarga daripada kenakalannya.

Perjalanan yang dilakukan para PK biasanya tanpa ada rencana atau planning yang dibuat. Para PK awalnya berkumpul di warung kopi sebelum memutuskan perjalanan. Di tengah pembicaraan, biasanya muncul ide untuk bepergian. Perjalanan tersebut sebenarnya hanya sebagai refreshing untuk melepas penat dari pekerjaan yang dijalani.

 Kemudian tanpa basi-basi, petualangan pun dimulai. Karena tidak ada planning, membuat saat perjalanan terjadi banyak hal yang tak terduga seperti mati mesin sepeda, ban bocor, serta banyak kejadian lain. Namun dari hal tersebut, kepekaan terhadap sesama akan lebih terasah. Karena pada dasarnya, segerombolan PK akan lebih mengutamakan solidaritas dari pada individualitas.

Menjadi seorang Real PK atau preman kalem sejati tampaknya akan lebih bermakna bila dijalani dengan nyaman. Bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri, seorang PK dapat mengabdikan dirinya ke struktur kehidupan yang lebih luas. Tidak harus bertato, berambut gondrong, atau memiliki muka sangar. Real PK bukanlah dinilai dari penampilan, namun perbuatan dan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan. Itulah yang menjadi ciri dari seorang pria sejati. Berani menanggung resiko dari perbuatan yang dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.