Header Ads

MENULISLAH : ARTI SEBUAH NAMA




Sudah sejak lama, saya ingin menulis. Namun tidak ada niat yang kuat untuk mewujudkannya. Namun, saya pun mulai berfikir. Tidak ada salahnya juga saya menulis, hitung-hitung untuk dokumentasi pribadi. Agar apa yang saya lakukan selama hidup bisa tercatat dan mungkin bisa berguna bagi orang lain. Saya pun sama dengan kebanyakan orang yang ingin menulis. Tersihir dengan ucapan manis penulis legendaris Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah” –Pramoedya Ananta Toer


Dengan mengucap basmalah, saya menetapkan hati untuk membuat kanal daring blog dengan nama bimomahameru.blogspot.co.id. Hanya ada dua pilihan. Dikenang atau hilang dalam sejarah peradaban.

Arti Sebuah Nama

Nama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nama adalah kata yang digunakan untuk memanggil orang, tempat, barang, dan sebagainya. Contoh dalam konteks orang, nama sendiri merupakan pembeda antara satu orang dengan lainnya. Dengan mempunyai nama, setiap orang memiliki identitasnya sendiri. Dan yang terpenting, nama memiliki arti atau makna.

Bimomahameru.blogspot.co.id, terdiri dari dua kata. Mahameru dan Bimo. Mahameru sendiri adalah sebuah nama dari puncak gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Sedangkan Bimo sebenarnya merupakan nama pendek dari drummer band Slank, Bimo Setiawan Al Machzumi atau biasa dikenal dengan nama Bimbim Slank.

Dua kata ini sangat membekas di hati saya. Keduanya memiliki filosofi tersendiri bagi hidup saya. Mahameru adalah puncak tertinggi pulau Jawa, dengan ketinggian 3.676 Meter di atas permukaan laut. Puncak yang sanggup membelah langit pulau tempat nenek moyang saya dilahirkan. Saya ingin bercita-cita setinggi Puncak Mahameru, tanpa perlu takut untuk menggapainya. Sedangkan Bimbim Slank sendiri terkenal sebagai musisi yang sukses. Dengan bendera Slank, ia sukses menginspirasi Slankers (sebutan untuk fans band Slank) dan banyak orang  untuk sama-sama menyebarkan virus perdamaian ke seluruh dunia. Piss!!! Ia terkenal dengan gaya yang slenge’an (apa adanya, anti-Kemapanan), berbicara apa adanya sesuai fakta, dan tidak takut membela kaum-kaum pinggiran seperti yang tertuang dalam karya-karyanya. Namun yang terpenting, dia tidak lupa dengan agama, orang tua, keluarga, serta negara tercinta.

Jadi, filosofi dari dua kata tersebut-lah yang mendasari pemilihan nama dari akun blog saya. Mungkin apabila Tuhan mengijinkan saya untuk mempunyai anak laki-laki, saya akan memberikan nama Muhammad Bimo Mahameru. Agar anak saya kelak menjadi manusia yang mulia seperti Nabi Muhammad SAW, slenge’an seperti Bimbim Slank dan ayahnya, serta mempunyai cita-cita setinggi puncak Mahameru. Nama akun ini juga dapat mendorong saya untuk terus berkarya, agar dapat dicontoh nantinya oleh anak saya. Semoga saja.

Salam damai dan cinta untuk semesta, piss.

2 komentar:

  1. Tanpa Menulis, Keberadaanmu Tidak Bisa Dibuktikan
    http://falnyt.blogspot.co.id/2013/06/tanpa-menulis-keberadaanmu-tidak-bisa.html

    BalasHapus
  2. Mantap tulisanya Mas Bimo...lanjutkan postingannya,Sepertinya Saya harus belajar banyak nih cara menulis dan menggambar dari Mas Bimo MAHAMERU

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.